Minggu, 09 Februari 2014

DESAIN RAGAM HIAS UNTUK POLA BATIK




1.MOTIF BATIK GEOMETRIS
Motif batik geometris adalah ragam hias yang menggunakan unsure geometris sebagai bentuk dasarnya. Ragam hias  geometris mempunyai bentuk dasar bidang-bidang dalam ilmu ukur, seperti segitiga, segi empat, lingkaran, layang-layang dan banyun lainnya.  Motif hias berfungsi untuk menghiasi suatu bidang. motif hias yang dimaksud terdapat pada bidang kain. Motif hias geometris termasuk pada jenis motif batik tradisional. Motif geometris antara lain; Motif Kawung, motif Tumpal, Motif Pilin,
PILIN GANDA :









KAWUNG:












TUMPAL:



















2.MOTIF BATIK NON GEOMETRIS
Motif  non geometris adalah ragam hias yang tidak menggunakan unsur garis dan bidang geometri sebagai bentuk dasarnya. Secara garis besar bentuk motif hias non geometris terdiri atas motif tumbuhan dan motif binatang. Motif Tumbuhan yang terdiri dari : bunga, daun, buketan, pohon hayat dan sebagainya. Selain motif tumbuhan yang termasuk dalam motif non geometris juga ada motif binatang yang terdiri dari : 
manusia,hewan,tumbuhan
Contoh motif batik non-geometris :

MANUSIA:










TUMBUHAN:

BINATANG :









3.MOTIF BATIK BENDA MATI
Motif batik benda mati merupakan salah satu motif batik yang menggunakan benda – benda mati di alam sekitar sebagai motifnya. Contoh untuk motif Benda Mati antara lain api, awan, matahari, dan air.
Contoh motif batik benda mati : 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar